Sunday, February 1, 2009

Frosty Text with Photoshop

Tutorial kali ini akan menuntun Anda selangkah demi selangkah untuk membuat teks dengan efek beku seperti tulisan dari balok es dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Tutorial ini saya susun dengan panduan menggunakan Adobe Photoshop 7.0.
Saya memilih menggunakan Adobe Photoshop 7.0 karena spesifikasi hardware yang diperlukan tidak terlalu tinggi dan tentu saja tidak semua orang memiliki dana cukup untuk membeli software terbaru. Bagi Anda yang menggunakan Adobe Photoshop versi yang lebih baru tentunya tidak kesulitan menyesuaikan.


Berikut langkah-langkah yang harus Anda ikuti.
1. Luncurkan aplikasi Adobe Photoshop Anda.
2. Buat dokumen baru dengan memilih menu File > New atau menekan tombol Ctrl + N pada keyboard.
3. Pada jendela New, masukkan data-data berikut:

- Name : frosty
- Preset Size : Default Photoshop Size
- Mode : RGB
- Contents : Transparent

Klik OK untuk menyetujuinya.


4. Ubah warna pada Toolbox untuk foreground menjadi biru (#0000FF) dan warna background tetap putih (#FFFFFF).


5. Pilih Gradient Tool kemudian drag dari bagian bawah dokumen ke bagian atas dokumen. Tekan tombol Shift agar gradasi warna tegak lurus.
6. Pilih Horizontal Type Tool, buat teks FROST pada dokumen. Gunakan font Arial Black dengan ukuran 72pt dan warna putih (#FFFFFF). Atur posisi teks agar tepat di tengah-tengah dokumen.
7. Ubah layer dari layer teks menjadi layer objek dengan melakukan Raterize. Caranya dengan memilih menu Layer > Rasterize > Type atau dengan mengklik kanan layer FROST pada palet layer kemudian pilih Rasterize.
8. Duplikasi layer FROST dengan mengklik kanan layer FROST di palet Layer kemudian pilih Duplicate Layer. Pada jendela Duplicate Layer yang muncul kemudian beri nama BEKU lalu klik OK.


Kini Anda memiliki tiga buah layer, yaitu layer 1, layer FROST, dan layer BEKU.
9. Seleksi semua huruf pada layer BEKU dengan Magic Wand Tool atau dengan menahan tombol Ctrl pada keyboard sambil mengklik layer BEKU pada palet Layer.


10. Perkecil seleksi dengan memilih menu Select > Modify > Contract. Masukkan angka 2.
11. Simpan seleksi dengan memilih menu Select > Save Selection. Masukkan data seperti pada gambar berikut.


Kita perlu menyimpan seleksi ini untuk kita gunakan pada beberapa langkah ke depan agar kita tidak perlu membuat seleksi lagi.
12. Pilih Layer FROST dengan mengklik layer FROST pada palet Layer, kemudian tekan tombol Delete pada keyboard. Kini tulisan FROST pada layer FROST hanya berupa line/garis setebal 2px tanpa fill.
13. Pilih Layer Beku lagi kemudian buat seleksi yang ada menjadi mask dengan memilih menu Layer > Add Layer Mask > Reveal Selection atau lebih mudah dengan mengklik ikon Add Layer Mask yang terletak di bagian bawah palet Layer. Dengan aksi ini, seleksi akan menghilang.


14. Panggil lagi seleksi yang menghilang dengan memilih menu Select > Load Selection. Pilih seleksi beku yang tadi kita simpan.
15. Pilih Gradient Tool, drag mouse dari arah tengah teks ke arah tepi atas atau tepi bawah teks hingga nampak seperti gambar berikut.


Hilangkan seleksi dengan menekan tombol Ctrl + D pada keyboard.

16. Beri efek Inner Bevel dengan memilih menu Layer > Layer Style > Bevel and Emboss atau bisa juga dengan mengklik ikon Add Layer Style pada bagian bawah palet Layer dan memilih Bevel and Emboss.
Pada jendela Layer Style ubah parameter menjadi seperti gambar berikut.


17. Pilih layer FROST kemudian dengan cara yang sama seperti langkah 16 di atas, buat layer style dengan parameter seperti gambar berikut.


18. Kini teks dengan efek beku telah Anda miliki.


Anda dapat mempercantik dengan efek meleleh seperti gambar berikut. Cobalah berkreasi sendiri!


Selamat mencoba!

Load disqus comments

1 comments: