Tuesday, January 6, 2009

Mengakali VGA On Board

Saat masih menggunakan perangkat komputer Pentium III, saya menggunakan VGA add on 64 MB dengan monitor Samsung jadul Green Monitor 14” analog. Yah, lumayanlah tampilan yang saya peroleh. Waktu butuh duit, tuh komputer saya jual sama temen, tapi hanya CPU-nya saja karena yang beli pengen pake monitor 17”. Gak lama saya bisa ngrakit komputer lagi meski kelas extra low-end. Pentium 4 Celeron 2,26 GHz, DDR 128 MB PC2100, VGA S3 ProSavage (onboard) share 32MB. Mainboard pun abal-abal gak jelas mereknya dengan chipset northbridge VIA VT8751 southbridge VIA VT8233.

Dengan monitor yang sama kok agak berasa penurunan kualitas gambar yang saya lihat di monitor. Gambar terlihat gelap sehingga sangat mengganggu saat saya menggunakan aplikasi grafis. Terlalu jauh tampilan di monitor dengan hasil print outnya. Padahal pengaturan b rightness dan contrast pada panel monitor sudah mentok pada posisi maksimum. Mau beli kartu grafis, boro-boro, cicilan motor saja nunggak.

Konsultasi sana-sini solusinya tetap sama, beli kartu grafis. Sampai saya dapat masukan dari Dokter TV yang punya solectv.blogspot.com. Dia saranin untuk menaikkan trimer brightness-contrast yang ada di playback monitor. Memang agak repot karena harus bongkar monitor. Tapi dari pada beli kartu grafis cuma mimpi, apa salahnya di coba?
Eh, ternyata berhasil! Agak susah sih mendapat settingan yang pas karena jika terlalu tinggi mengakibatkan warna hitam jadi ditampilkan agak abu-abu. Terlalu rendah membuat warna putih menjadi agak buram. Sekitar sepuluh menit mengutak-atik, akhirnya dapat setingan yang lumayan enak di mata. Saya coba mainkan game 3D ringan, meski agak tersendat (maklum memori kecil masih harus di-share lagi) tapi detil gambar ada peningkatan.

Jika rekan-rekan ada yang mengalami permasalahan yang sama, triks di atas mungkin layak dicoba. Semoga berhasil!

Load disqus comments

0 comments