Saturday, February 21, 2009

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia 2018

Menurut berita resmi yang dirilis FIFA, ternyata diam-diam Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018. Hingga saat ini sudah lima negara yang secara resmi mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018, yaitu Indonesia, Jepang, Australia, Inggris, dan tuan rumah bersama Portugal-Spanyol.

Jika disesuaikan dengan pernyataan FIFA yang akan menggilir tuan rumah penyelenggara Piala Dunia, setelah Piala Dunia 2002 menjadi jatah Asia (Korea & Jepang), tahun 2006 menjadi jatah Eropa (Jerman), tahun 2010 diselenggarakan di Benua Afrika (Afrika Selatan), dan tahun 2014 nanti menjadi jatah benua Amerika maka Piala Dunia 2018 kembali menjadi jatah untuk Benua Asia. Jadi Indonesia memiliki peluang untuk menyelenggarakan turnamen sepak bola dunia antarnegara empat tahunan tersebut karena Indonesia telah terbukti mampu menjadi penyelenggara turnamen sepak bola Asia Tenggara maupun Piala Asia. Rival terberat Indonesia kemungkinan adalah Australia. Australia yang secara resmi menjadi anggota Federasi Sepak Bola Asia sejak 2008 lalu tampak serius mempersiapkan diri dengan memperbaiki stadion-stadion sepak bola yang dipersiapkan untuk venue. Tim nasional Australia pun saat ini memiliki prestasi yang lebih baik dibanding Indonesia. Dan yang tak mungkin lepas sebagai pertimbangan, kondisi perekonomian dan keamanan Australia pun lebih baik. Kondisi perekonomian dan keamanan nasional tentu akan menjadi salah satu pertimbangan FIFA untuk menunjuk tuan rumah Piala Dunia. Perekonomian negara penyelenggara yang baik memiliki kemungkinan suksesnya penyelenggaraan yang lebih besar. FIFA tentu tak mau ambil resiko Piala Dunia gagal dilaksanakan akibat kondisi ekonomi dan keamanan negara penyelenggara yang buruk.

Adapun Jepang yang juga mencalonkan diri, memiliki kans yang kecil mengingat Jepang telah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 meski bersama Korea Selatan. Jadi, Indonesia akan bertarung dengan Australia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018. Ayo, kita dukung Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 agar kita dapat menyaksikan aksi bintang-bintang sepak bola dunia berlaga di negeri kita. Salah satu dukungan dapat Anda berikan dengan ikut berkampanye melalui web atau blog Anda. Copy-paste kode berikut pada blog Anda untuk memasang banner dukungan (125x125 piksel) seperti banner yang terlihat di sidebar bagian atas blog ini.

Ini dia kodenya:




Load disqus comments

3 comments