Wednesday, August 3, 2011

Perang Google+ VS Facebook, Siapa Menang?

Tentang Google + lagi. Awalnya, banyak orang berpikir Google akan mengalami kesulitan dalam meyakinkan pengguna Facebook untuk bergabung dengan jaringan sosial baru. Tapi bertentangan dengan keyakinan awal, Google + sudah memiliki "jutaan" pengguna, melebihi Twitter dan menjadi jaringan sosial yang tumbuh paling cepat. Hal ini cukup mengesankan mengingat masih dalam tahap beta dan hanya mengijinkan orang yang memperoleh undangan untuk menjadi anggota. Hal ini menjadi alasan mengapa banyak pakar IT percaya Google akan memenangkan pertarungan jejaring sosial terhadap Facebook.

Secara historis, Google selalu memasuki pasar kemudian namun masih berhasil menyalip pesaing mereka. Google telah mengalahkan semua mesin pencari pelopor sejak tahun 1998 dan kemudian menaklukkan pasar PPC lagi dengan mereka program Adwords Google pada tahun 2001. Mengingat ini, sangat mungkin mereka akan menaklukkan industri media sosial segera.

Kembali pada tahun 1994 dan 1995, Excite, AltaVista, Lycos, Yahoo berada di puncak perusahaan mesin pencari. Google meluncurkan versi beta dari mesin pencari mereka pada tahun 1998 dan secara resmi dirilis sekitar tahun 1999 dan 2000. Tapi itu tidak menghentikan mereka untuk merobohkan semua mesin pencari yang datang sebelum mereka dan menjadi mesin pencari #1 di dunia dalam rentang waktu yang sangat singkat.

Kemudian, tidak lama setelah itu, Google pergi setelah pasar PPC. Awalnya, Goto.com (Kemudian berubah menjadi Overture dan kemudian dibeli oleh Yahoo) adalah perusahaan pertama untuk menciptakan konsep PPC pada 1999, bersama dengan pemain lainnya. Setelah Google meluncurkan Google Adwords selama tahun 2002, mereka mampu mendominasi pasar PPC hanya dalam beberapa tahun. Berbeda, model Goto.com PPC yang dibangun pada konsep PPC sederhana tanpa logika "pemasaran", Google menciptakan program PPC jauh lebih baik dirancang untuk membantu bisnis dengan "pemasaran" mereka dari bawah ke atas. Sebagai Goto dan Overture gagal mengkonversi logika inti untuk mencocokkan PPC Adwords, gagal setelah diakuisisi oleh Yahoo!

Kembali ke Facebook. Facebook dibangun berdasarkan konsep awal jaringan sosial. Saat ini, Facebook memiliki nilai bisnis kecil. Banyak orang di Facebook terlibat dalam spam untuk membangun pengikut dan suka. Mereka tidak benar-benar fokus pada membangun hubungan pelanggan, bukannya sebagian besar orang adalah fokus pada "nomor" seperti berapa banyak suka dan berapa banyak pengikut yang mereka miliki. Dan meskipun orang memiliki 100 atau 1000 dari pengikut dan suka pada halaman mereka, apakah mereka benar-benar diuntungkan? Kemungkinan besar Google telah menemukan kelemahan dari Facebook dan menciptakan jaringan Google + dengan bisnis yang lebih baik dan logika pemasaran di belakangnya. Google + Circle akan mengubah jaringan sosial, dan Google + akan menjadi stau kemenangan lagi untuk Google.

Dalam banyak hal, Facebook adalah sangat mirip dengan mantan Goto.com atau Overture, dan Google + adalah cermin dari Google Adwords. Sebagai contoh, model PPC asli diciptakan oleh Goto.com cukup sederhana, Anda membuat akun dan menabrak semua kata kunci Anda ke account Anda. Itu saja. Tidak peduli apa kata kunci yang Anda miliki, Anda menempatkan semua kata kunci dalam account yang sama Anda. Google Adwords di sisi lain, adalah didasarkan pada logika "periklanan dan pemasaran". Ini struktur iklan Anda sebagai "Kampanye", "grup iklan" dan "Kata Kunci". Perubahan sederhana ini memungkinkan Adwords untuk memenangkan perang PPC. Overture akhirnya menerapkan "Kategori" struktur tetapi saat itu telah terlalu jauh di belakang bahkan bersaing dengan Google Adwords.

Hal yang sama akan terjadi ke Facebook. Ketika semakin banyak orang mengetahui akun Facebook mereka kurang memiliki nilai bisnis, dibanjiri spammer dan pengikut yang tidak tertarik pada produk atau jasa mereka, mungkinkah mereka akan ingin terus menggunakannya jika ada jaringan sosial alternatif yang lebih menjanjikan? Jawabannya jelas, Google akan memenangkan perang jejaring sosial.

Jangan sampai ketinggalan artikel-artikel Bogiro!
atau
Enter your email address: (Masukkan alamat email Anda)
(http://www.apexpacific.com/blog/google/google-vs-facebook-who-will-win-the-social-network-war/)
Load disqus comments

1 comments: