Saturday, November 14, 2009

Arisan Listrik Ala PLN

PLN menyelenggarakan arisan listrik di mana seluruh pelanggannya WAJIB mengikutinya. Hadiahnya? Pemadaman listrik! Kemarin daerah saya menang, hari ini giliran siapa?
Pemadaman listrik bergilir yang terus terjadi saat ini mengakibatkan kerugian besar bagi para pelanggan PLN, baik secara ekonomi maupun sosial, bahkan hampir disemua aspek kehidupan. Ketidakmampuan PLN menyediakan hajat hidup orang banyak dilimpahkan secara tidak bertanggung jawab kepada pelanggan.
Secara garis besar, ada tiga kesalahan yang dilakukan manajemen PLN dalam mengambil kebijakan.

  1. Tidak mengembangkan pembangkit listrik pemasok sehingga produksi listrik tidak mengalami pertumbuhan yang signifikan.
  2. Terus menyediakan/menyetujui permohonan sambungan baru pada daerah yang telah memiliki jaringan listrik maupun mengembangkan jaringan listrik baru sehingga kebutuhan akan pasokan listrik terus meningkat secara tajam.
  3. Akibat dua kesalahan di atas, terjadi ketimpangan dalam pasokan dan kebutuhan sehingga PLN tidak mampu lagi menyediakan kebutuhan listrik pelanggan yang telah membayarnya. Ironisnya, untuk menanggulangi dampak dari kesalahannya di atas, PLN melakukan kesalahan ketiga, yaitu melimpahkan tanggung jawab kepada pelanggan yang telah memberi makan seluruh karyawan, manajer, dan direksi PLN beserta seluruh anak, istri, dan cucunya.

Sepertinya slogan Kerja Keras Adalah Energi Kita harus diberikan juga kepada PLN.
Kerja Keras Adalah Energi Kita, free download, free e-book, service software, marketing software sales, adsense, business, keyword, tips and tricks, tool, keygen, crack, serial number, tutorial, gratis, bisnis online, ptc, e-book, blogging, internet, web design, tutorial, coreldraw, photoshop
Load disqus comments

0 comments